Jika Daulah Bebaskan Pilot Yordania, Wanita Ini Akan Segera Dilepaskan



Juru bicara pemerintah Yordania, pada Rabu, (28/01) bahwa negaranya bersedia untuk menyerahkan seorang wanita calon pengebom bunuh diri asal Iraq jika pilot Yordania yang ditangkap oleh Daulah/ISIS segera dilepaskan.
“Yordania siap membebaskan Sajida al-Rishawi jika pilot Yordania Letnan [Muaz] al-Kasaesbeh juga dilepaskan dan nyawanya diselamatkan,” kata Mohammad al-Momani, juru bicara Yordania melalui siaran televisi pemerintah.
Namun, al-Momani tidak membahas terkait tawanan asal Jepang, Kenji Goto.
ISIS sebelumnya menuntut pembebasan Sajida al-Rishawi yang ditahan di Yordania karena diduga mencoba melakukan serangkaian serangan pada tahun 2005, lapor kantor berita Reuters.
Dalam siaran radio Al-Bayan, yang mentransmisikan jaringannya di daerah yang berada di bawah kontrol kelompoknya, ISIS menjelaskan bahwa Sajida al-Rishawi yang disebutnya sebagai “saudara kita” meminta pembebasannya dalam pertukaran untuk kebebasan Kenji Goto, sandera Jepang yang ditahan oleh militan.
Rishawi adalah wanita Iraq, calon pengebom bunuh diri yang dijatuhi hukuman mati di Yordania sehubungan dengan tiga serangan bom di Hotel Amman yang menewaskan 60 orang pada tanggal 9 November 2005.
Setelah ditahan, ia muncul di televisi pemerintah mengaku bahwa dia telah berdosa karena mengambil bagian dalam serangan itu.
“Suami saya meledakkan bom, dan aku mencoba untuk meledakkan ranjau tapi gagal,” kata Rishawi dalam sebuah pengakuan televisi, lapor CNN.
Dia bilang dia adalah warga Iraq yang telah dikirim ke Yordania untuk menargetkan hotel di Amman. Pada tahun 2006, ia dijatuhi hukuman mati tetapi kebijakan Yordania pada akhir tahun menangguhkan hukuman mati atas dirinya.
Dalam pengakuannya, al-Rishawi mengatakan, “Suami saya adalah orang yang mengatur semuanya.”
Pengeboman Amman dituduhkan kepada Syaikh Abu Mushab al-Zarqawi, pemimpin Al-Qaidah di Iraq yang gugur dalam serangan udara AS pada bulan Juni 2006.

Kiblat.net

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Iklan In-Feed (homepage)

" target="_blank">Responsive Advertisement