“Boko Haram” Deklarasikan Khilafah di Timur Laut Nigeria






arroudoh.com, Borno – Jama’ah Ahlu Sunnah lid Dakwah wal Jihad atau yang dikenal dengan “Boko Haram”, Ahad (24/08), mendeklarasikan Negara Khilafah Islamiyah di wilayah negara bagian Borno, timur laut Nigeria. Awal bulan ini, wilayah itu berhasil dibebaskan para pejuang “Boko Haram”.


Deklarasi itu disampaikan pemimpin “Boko Haram”, Abu Bakar Shekaw, melalui rekaman video yang diunggah di internet. Dalam video yang dilansir kantor berita AFP itu, Shekaw menegaskan bahwa wilayah Guza di negara bagian Borno bukan lagi wilayah Nigeria, akan tetapi bagian dari wilayah Khilafah Islamiyah.

“Alhamdulillah, saudara-saudara kami meraih kemenangan di wilayah Guza dan menjadikannya bagian dari wilayah Khilafah Islamiyah,” kata Shekaw dalam deklarasinya di rekaman sepanjang 52 menit itu. Ia menegaskan bahwa Guza saat ini bukan lagi menjadi bagian wilayah Nigeria.
“Dengan izin Allah, kami tidak akan meninggalkan negara ini. Kami datang untuk menetap,” tegasnya lagi.

Sebelumnya, Kantor urusan Kemanusiaan PPB awal bulan ini menegaskan bahwa kota Guza berada di bawah kontrol gerilyawan.

Sejumlah pengamat menambahkan bahwa “Boko Haram” juga mengontrol daerah-daerah lainnya di wilayah selatan negara bagian Borno. Di utaranya, mereka juga dikabarkan mengontrol wilayah yang luas.

Sementara itu, belum ada reaksi dari barat terkait deklarasi kelompok yang masuk dalam daftar teroris oleh Amerika Serikat ini.(MFM)


sumber: kiblat.net

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Iklan In-Feed (homepage)

" target="_blank">Responsive Advertisement